Hati-hati pada Sporozoa yang kecil tapi berbahaya

Hati-hati pada Sporozoa yang kecil tapi berbahaya

Langkah Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Satu diantara kingdom unik yaitu Protista makhluk hidup yang bukanlah hewan tetapi juga bukanlah tumbuhan. Yang mirip tumbuhan yaitu Algae, sedang yang mirip hewan yaitu Protozoa. Protozoa miliki sebagian filum, yakni Rhizopoda, Ciliata, Flagellata, Sporozoa dsb. Kesempatan ini kita bakal mengulas mengenai satu diantara film itu, yakni Sporozoa.

Kata Sporozoa datang dari bhs Yunani, spore (biji) serta zoa (hewan). Tidak seperti Rhizopoda, Ciliata, serta Flagellata yang sudah miliki alat gerak, Sporozoa tidak miliki alat gerak. Sporozoa hidup sebagai parasit pada makhluk hidup lain. Contoh makhluk hidup yang termasuk juga dalam Sporozoa yaitu Plasmodium malariae serta Plasmodium vivax.

Plasmodium hidup sebagai parasit pada badan manusia yang mengakibatkan penyakit malaria. Makanannya yaitu sel darah merah. Penularan malaria berlangsung lewat gigitan nyamuk Anopheles betina. Plasmodium berkembang biak dengan cara aseksual dengan pembentukan spora berlangsung didalam badan manusia serta berkembang biak dengan cara seksual dengan pembentukan gamet. Peleburan gamet jantan serta gamet betina berlangsung didalam badan nyamuk Anopheles.

Contoh yang lain yaitu Babesia serta Theileria. Babesia bigemina mengakibatkan penyakit demam Texas serta Theileria parva mengakibatkan penyakit demam Pantai Timur (Afrika). Sporozoa yang banyak didapati juga yaitu Toxoplasma gondii yaitu penyebabnya toksoplasmosis. Toksoplasmosis pada ibu hamil bisa mengakibatkan cacat atau kematian janin yang dikandungnya.

Tersebut sebagian informasi mengenai Sporozoa. Semuanya Sporozoa mempunyai ciriciri bertubuh bulat atau bulat memanjang. Makhluk hidup ini memanglah tidak sama dari type Protozoa yang lain. Walau begitu kecil, ia tidak dapat disepelekan. Kmau butuh ekstra berhatihati dengan hindari sumbersumber atau penghubung yang dapat menularkan Sporozoa ini. Dengan hal tersebut, kesehatanmu semakin lebih terbangun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s